Pembuatan Website Pengumuman Kelulusan SMK Negeri 2 Pangkalpinang

Jenis: Pembuatan Karya Teknologi

Judul: Pembuatan Website Pengumuman Kelulusan SMK Negeri 2 Pangkalpinang Https://Kelulusan.Smk2pangkalpinang.Sch.Id/

A.      LATAR BELAKANG

Salah satu hal yang perlu disiapkan setelah pelaksanaan Ujian Nasional adalah Pengumuman Kelulusan. Mayoritas sekolah masih menggunakan pengumumasn secara manual yaitu dengan menggunakan surat atau pengumuman kertas yang ditempel di papan pengumuman sekolah. Hal ini tidaklah efektif karena dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan kita, seperti dengan cara yang dapat menimbulkan potensi untuk siswa melakukan pawai/ konvoi setelah pengumuman dilakukan yang dapat menimbulkan gangguan di jalan raya. Konvoi ini biasanya dilakukan secara massal tanpa menggunakan helm atau pun ketentuan keamanan lain di jalan raya.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang dapat menjangkau sampai ke pelosok dengan efektif, efisien dan hemat biaya adalah dengan menggunakan media internet. Salah satu cara agar siswa tidak berkumpul dan melakukan konvoi adalah dengan melakukan pengumuman kelulusan secara online.

Untuk itu diperlukan aplikasi yang bisa digunakan oleh sekolah untuk melakukan pengumuman kelulusan secara online. Supaya siswa dapat mengakses pengumuman dari rumah tidak harus datang atau berkumpul di sekolah. Aplikasi yang sudah ada adalah aplikasi berbayar. Untuk itu penulis membuat aplikasi yang dapat digunakan oleh sekolah untuk mengumumkan kelulusan tersebut. Aplikasi ini bernama Aplikasi Sistem Informasi Kelulusan yang dapat diakses di alamat website http://www.kelulusan.smk2pangkalpinang.sch.id

Perkembangan teknologi website tidak hanya dari sisi programming dan desainnya yang semakin baik, namun kemampuan penyesuaian User Interface (UI) dari device berbasis komputer sekarang ini seperti laptop, tablet, maupun smartphone sudah menjadi tuntutan setiap website. Website yang dapat menyesuaikan tampilan dari berbagai device disebut dengan web responsive. 

B.       TUJUAN

Tujuan dibuatnya website pengumuman kelulusan adalah sebagai berikut:

1.    Menghasilkan sistem yang dapat mengatasi kelemahan-kelemahan dari sistem konvensional

2.    Aplikasi Sistem Informasi Kelulusan SMKN 2 Pangkalpinang berbasis web responsive dengan HTML 5 dan CSS 3 dapat membantu panitia dan calon peserta didik dalam melakukan pengumuman kelulusan di SMKN 2 Pangkalpinang dengan mudah dimanapun dan kapanpun tanpa batasan tempat dan waktu.

C.      MANFAAT

Website pengumuman kelulusan ini mempunyai manfaat signifikan terhadap siswa, sekolah, orangtua siswa maupun masyarakat, diantaranya:

1.    Bagi siswa:

a)        Memudahkan siswa yang bertempat tinggal jauh untuk melihat hasil pengumuman tanpa harus dating ke sekolah

b)        Memudahkan siswa melihat hasil pengumuman kapan saja sehingga aktivitas siswa tidak terganggu

c)        Menghemat biaya karena pengumuman cukup diakses/ dilihat melalui HP Android saja

2.    Bagi sekolah

a)      Memanfaatkan teknologi informasi berbasis web sesuai dengan perkembangan teknologi dan slogan sekolah sebagai sekolah berbasis teknologi.

b)      Mengurangi beban kerja panitia kelulusan dalam melayani siswa peserta kelulusan.

c)      Menjadi bergaining position bagi sekolah sehingga masyarakat menilai positif terhadap pelayanan dan pemanfaatan teknologi modern.bagi siswa

3.        Bagi masyarakat

a)      Proses pengumuman kelulusan online bekerja 24 jam non stop diaktifkan tepat jam pengumuman kelulusan yang diumumkan secara serentak sesuai dengan jam permintaan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan diaktifkan selama dua minggu setelah kelulusan.

b)      Meminimalisir hal-hal negatif yang dapat merugikan siswa, sekolah dan masyarakat

c)      Membantu tugas aparat mengatur lancer dan amannya kondisi jalan raga karena siswa tidak lagi melakukan konvoi dan corat-coret baju seragam sehingga perlahan-lahan budaya konvoi dan corat-coret baju dapat dihilangkan.

D.      RANCANGAN/ DESAIN KARYA TEKNOLOGI

1.    Layout Website

Layout adalah tata letak dari suatu elemen desain yang di tempatkan dalam sebuah bidang menggunakan sebuah media yang sebelumnya sudah di konsep terlebih dahulu untuk membentuk penataan artistic atau disebut juga sebagai bentuk dan manajemen lapangan dengan tujuan memudahkan kita untuk menerima informasi yang disajikan.

Desain layout web ini dibuat sangat sederhana dan praktis disesuaikan dengan tujuan dan manfaatnya. Berikut ini layout desain web dasar yang dipersiapkan:



1.    Diagram Alir

Didalam pemrograman sangat dikenal dengan istilah diagram alir (flowchart) yang digunakan untuk membantu analis dan programmer untuk memecahkan masalah dalam pemrograman. Diagram Alir (Flowchart) adalah gambaran secara grafik yang terdiri dari simbol-simbol dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah dari alur program. Diagram Alir atau Flowchart  merupakan dasar dari pemrograman yang selalu digunakan dari pemrograman bahasa tingkat rendah sampai bahasa pemrograman tinggi.

Jenis diagram alir yang digunakan dalam pembuatan website ini berjenis Flowchart Program (Program Flowchart) karena lebih detail menggambarkan logika dari algoritma pemrograman. Berikut ini gambar flowcahart program yang digunakan:

1.    Daftar Alat dan Bahan

Pembuatan website ini memerlukan alat dan bahan sebagai berikut:

Alat yang dibutuhkan:

a)    Komputer/ laptop menggunakan Sistem Operasional Windows

b)   Software Adobe Photoshop, untuk mendesain banner, foother, tombol menu, dan cover CD.

c)    Software Adobe Dreamweaver, untuk menggabungkan semua komponen dan mendesain layout yang akan ditampilkan di browser.

d)   Software FileZilla untuk mengupload data kelulusan

e)    Database MySQL untuk menyimpan database kelulusan

f)    Software Nero, untuk memburning/ membakar kumpulan file kedalam CD

Bahan yang dibutuhkan:

a)    Daftar nama siswa beserta nomor ujian

b)   Daftar nilai UN 

A.  PROSEDUR PEMBUATAN KARYA TEKNOLOGI

Pembuatan website ini terdiri dari beberapa tahapan perdreamweaversiapan yang harus dilakukan agar terbentuk website sesuai dengan keinginan dan tujuan kita. Berikut ini prosedur pembuatan website dijabarkan sebagai berikut:

Tahap Persiapan:

1.    Merumuskan Tujuan Pembuatan Website, Tujuan ini nantinya berpengaruh besar terhadap cara membuat website yang sesuai dengan keinginan.

2.    Menyiapkan komputer/ laptop yang sudah terinstal software Adobe Photoshop, Adobe Dreamweaver, MySQL dan Nero

3.    Menyiapkan bahan-bahan berupa daftar nama siswa dan nilai UN

Tahap Pelaksanaan:

1.    Menentukan tema website dari segi warna dan tampilan dan tidak terlepas dari tujuan pembuatan website

2.    Membuat layout website dasar yang berisi header, menu, konten dan foother

3.    Membuat script pemrograman menggunakan software adobe dreamweaver yang berisikan coding menggunakan bahasa pemrograman PHP dan diujicobakan secara internal dalam kondisi localhost terlebih dahulu agar memudahkan proses editing

4.    Membuat subdomian melalui cpanel pada website yang sudah ada sehingga terbentuk subnomain/ alamat website

5.    Mengupload file yang sudah jadi ke folder subdomain tersebut dengan menggunakan software FileZilla

Tahap Akhir:

1.    Menjalankan web secara online dengan koneksi internet yang memadai

2.    Mengedit script jika terjadi kegagalan pada saat menjalankan website

Kegiatan Pembuatan Website



Posting Komentar

0 Komentar