Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Jenis: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 

Judul: Penerapan Model Pembelajaran   Problem     Based    Learning    (PBL)   Menggunakan  Media Web Elearning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Kelas X Multimedia di SMKN 2 Pangkalpinang


ABSTRAK 

Indriani, Nova, 2020, Penerapan Model Pembelajaran   Problem Based Learning (PBL) Menggunakan  Media Web  Elearning untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Kelas X Multimedia di SMKN 2 Pangkalpinang. Penelitian Tindakan Kelas Bidang Keahlian Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI) Kompetensi Keahlian Multimedia (067), SMKN 2 Pangkalpinang.

Kata Kunci: model pembelajaran Problem Based Learning, keaktifan siswa, hasil belajar, SMK

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan pada dua kali pertemuan dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media web elearning. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan dan pengambilan nilai tes pada masing-masing siklus. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase keaktifan siswa dari perbandingan siklus 1 dan 2, sedangkan untuk mengukur hasil belajar  menggunakan sistem rata-rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus dan melihat jumlah siswa yang mendapatkan nilai diatas nilai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) sebesar 65. Analisis ini menggunakan teknik deskriptif, artinya data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada dan mendiskripsikan sesuai dengan fenomena.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tingkat keaktifan siswa kelas X Multimedia1 di SMKN 2 Pangkalpinang dengan diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media web elearning, dan (2) Hasil belajar siswa kelas X Multimedia 1 di SMKN 2 Pangkalpinang dengan diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media web elearning. Obyek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia 1 di SMKN 2 Pangkalpinang tahun pelajaran 2019-2020 sejumlah 36 orang.

        Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) terjadi peningkatan keaktifan siswa kelas X Multimedia1 di SMKN 2 Pangkalpinang dengan diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media web elearning dari 40,08% menjadi 83,73% atau naik sebesar 43,39%, dan (2) terjadi peningkatan hasil belajar diatas nilai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) sebesar 65, siswa kelas X Multimedia 1 di SMKN 2 Pangkalpinang dengan diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media web elearning dengan kenaikan jumlah siswa yang mendapat nilai sangat bagus dari 10 siswa menjadi 26 siswa, nilai baik dari 15 siswa menjadi 10 siswa, nilai cukup dari 7 siswa menjadi 0 siswa dan nilai kurang dari 4 siswa menjadi 0 siswa.

Posting Komentar

0 Komentar