Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Teknik Animasi 2D & 3D Kelas XI Multimedia SMKN 2 Pangkalpinang

Jenis: Karya Teknologi Tepat Guna (Karya Sains/ Teknologi)
Judul:  Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Teknik Animasi 2D & 3D Kelas XI Multimedia SMKN 2 Pangkalpinang


1)   NAMA KARYA TEKNOLOGI

Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Teknik Animasi 2D & 3D Kelas XI Multimedia SMKN 2 Pangkalpinang

Berikut ini prosedur dalam pembuatan karya teknologi:

A.   Pembuatan Layout Website

                                    Layout adalah penataan elemen desain web untuk membentuk penataan artistic sebagai bentuk dan manajemen lapangan. Tujuan utama tata letak adalah untuk menyajikan elemen gambar dan teks dengan cara yang berkomunikasi dan membuatnya lebih mudah bagi pembaca untuk menerima informasi yang disajikan.

Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Teknik Animasi 2D & 3D Kelas XI Multimedia SMKN 2 Pangkalpinang

 

Karya ini dapat diakses di alamat website :

https://sites.google.com/view/mm-smkn2pkp/beranda

 

2)   TUJUAN

Tujuan dari pembuatan media ini adalah untuk :

a.    Mendukung aktifitas belajar peserta didik yang interaktif, efektif dan efisien serta membantu penguasaan materi bagi peserta didik.

b.    Mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan Google Sites pada mata Pelajaran Teknik Animasi 2D & 3D.

 

3)   MANFAAT

Beberapa manfaat media pembelajaran berbasis web adalah:

a.    Menjadikan pembelajaran yang menyenangkan, karena memiliki unsure interaktivitas yang tinggi,

b.    Menyebabkan peserta didik mudah mengingat materi ajar,

c.    Mengurangi biaya-biaya operasional yang biasanya di keluarkan oleh peserta didik untuk mengikuti pembelajaran seperti membeli buku.

d.    Dapat diakses dimana saja dan kapanpun tanpa batasan ruang dan waktu.

 

4)   RANCANGAN/ DESAIN KARYA TEKNOLOGI

Pembuatan Media pembelajaran interaktif ini menggunakan Google Sites yang mudah dan familiar dengan desain banner menggunakan Adobe Photoshop. Pada setiap akhir kelompok materi akan diberikan penilaian dan evaluasi, dimana hasil penilaian dan evaluasi akan tersimpan dalam basis data. Diakhir materi siswa harus mampu menghasilkan sebuah produk animasi 3D sebagai hasil akhir. Rancangan/ desain karya teknologi adalah sebagai berikut:

A.  Gambar rancangan atau diagram alir

Defenisi Flowchart atau diagram alur menurut Sugiyono adalah Gambar symbol-simbol yang digunakan untuk menggambarkan urutan proses atau instruksi-intruksi yang terjadi di dalam suatu program komputer secar sistematis dan logis. Bagan alir sistem merupakan bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan didalam sistem. Bagan ini menjelaskan urutan-urutan dari prosedur yang ada didalam sistem. Bagan alir sistem menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem.



A.  Alat dan bahan

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah:

1.      Laptop

2.      Software Adobe Photoshop (untuk mendesai themes, banner dan tombol menu)

3.      Koneksi internet

4.      Referensi berupa buku ajar

 

1)   PROSEDUR PEMBUATAN KARYA TEKNOLOGI

Pembuatan website ini menggunkana website instan Google Sites yang merupakan Google Apps. Langkah awal adalah dengan login ke website Google dan pilih menu Drive, seperti gambar 2. Kemudian pilih menu Drive seperti gambar 3. 


Posting Komentar

0 Komentar