Jenis: Pembuatan Alat Pelajaran
Judul: Pembuatan CD Interaktif Pembelajaran Multimedia Mata Pelajaran Animasi 3 Dimensi
Kebutuhan CD Interaktif semakin mendesak mengingat kondisi perkembangan Teknologi Informasi semakin berkembang pesat. Siswa mulai dari pra-sekolah, SD, SMP, dan SMU/SMK dituntut untuk mengenal Teknologi Informasi sejak dini. Kebutuhan ini tidak hanya sebagai wacana tetapi dilegalisasi melalui terbitnya Kurikulum 2004 yang memasukkan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah, lebih khusus bagi SMK Teknologi Informasi yang secara spesifik mempelajari Teknologi Informasi sebagai suatu keahlian produktif.
Guna menunjang masuknya Teknologi Informasi di sekolah, pemerintah secara bertahap membantu sekolah-sekolah dengan memberikan perangkat hardware komputer sebagai alat praktik dan ditunjang dengan diberikannya BOM (Bantuan Operasional Manajemen) yang salah satunya harus dibelanjakan untuk membeli software komputer untuk menunjang pembelajaran Teknologi Informasi dan penguasaan materi pelajaran umum dengan bantuan Teknologi Informasi.
Dengan demikian jelas bahwa kebutuhan CD Interaktif sebagai alat untuk membantu siswa menguasai Teknologi Informasi dan materi pelajaran umum lainnya dengan lebih cepat, menyenangkan, dan meningkatkan hasil belajar, menjadi kebutuhan yang mendesak untuk tercapainya kualitas pembelajaran yang diharapkan. Atas dasar pentingnya pembelajaran interaktif bagi peningkatan kualitas pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi maka dibuatlah CD Interaktif Pembelajaran Multimedia Mata Pelajaran Animasi 3 Dimensi.
B. TUJUAN
Tujuan pembuatan CD Interaktif ini adalah:
- Membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa
- Memudahkan siswa dalam memahami materi karena divisualisasikan dengan alat peraga digital yang berisi gambar, suara, animasi dan video.
- Membuat suasana belajar jadi menyenangkan karena media bersifat edukatif dan inovatif sehingga menambah minat dan motivasi siswa untuk meningkatkan kualitas belajar, dengan harapan siswa dapat maksimal mengembangkan ide dan keterampilannya dan memecahkan masalah dengan baik.alahkan tentang tugas pembelajaran yang sesuai dengan tugasnya di sekolah/ madrasahnya.
C.
MANFAAT
Sedangkan manfaat
dari CD Interaktif ini adalah:
1.
Sekolah tidak perlu
memproduksi buku, karena dengan adanya CD interaktif, sekolah tidak perlu repot
memproduksi buku lagi karena cukup dengan CD interaktif yang tipis dan kecil
siswa sudah dapat mempelajari materi dengan mudah.
2.
Guru dapat menerangkan
pelajaran dari visualisasi yang ditayangkan CD interaktif, karena kelebihan CD
interaktif adalah berisi video dan simulasi bergerak yang interaktif sehingga
memudahkan siswa memahami materi, hal ini berbeda dengan buku.
3.
Tidak memerlukan
ruang, karena siswa cukup membawa notebook,
ipad atau handphone yang
mendukung website, karena CD
interaktif tidak harus berupa CD namun bisa berupa data yang tidak harus
dijalankan di PC.
4.
Pemanfaatan teknologi
yang maksimal, karena kita menjadi terbiasa mengikuti perkembangan teknologi
dan mengenal hal-hal yang baru.
5.
CD interaktif dapat
disebarkan secara mudah (kecuali diproteksi), karena CD interaktif dapat dikopi
dan dibagikan ke teman-teman yang membutuhkan tanpa takut kehilangan.
D. RANCANGAN/ DESAIN ALAT PERAGA
1.
Gambar Rancangan
Header adalah
1.
Diagram Alir
2.
Daftar Alat Dan Bahan
Alat yang diperlukan:
a)
Komputer atau Laptop
dengan system operasi Windows
b)
Software Adobe
Photoshop, untuk mendesain banner, foother, tombol menu, dan cover CD.
c)
Software Camtasia, untuk membuat video tutorial
teknik pembuatan animasi 3 dimensi.
d)
Software Macromedia Dreamweaver, untuk
menggabungkan semua komponen dan mendesain layout yang akan ditampilkan di
browser.
e)
Software Nero, untuk memburning kumpulan file
kedalam CD
Bahan yang disiapkan:
a)
Template
web bisa di download di http://www.freenicetemplates.com/
b)
Silabus mata
pelajaran Animasi 2d dan 3D
c)
File materi
animasi 3D berupa video tutorial dan materi animasi 3D berbentuk Pdf
3.
Foto Alat Dan Bahan Yang Digunakan
A. PROSEDUR PEMBUATAN ALAT PERAGA
foto pembuatan.
B.
PENGGUNAAN ALAT PERAGA DI SEKOLAH
foto penggunaan.
C.
DAMPAK PENINGKATAN TERHADAP KUALITAS
PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Beberapa dampak peningkatan yang terlihat adalah sebagai berikut:
1. Siswa lebih bersemangat dalam mengikuti proses belajar di kelas karena alat peraga menggunakan visual dalam bentuk video yang menarik minat siswa.
2. Hasil belajar siswa terlihat meningkat sejak menggunakan alat peraga terbukti dari naiknya nilai rata-rata ulangan harian siswa dibandingkan sebelum menggunakannya.
3. Proses pembelajaran di kelas lebih tertib dan terkendali sebab setiap anak lebih memperhatikan alat peraga pada saat guru menerangkan membuat tidak ada lagi siswa yang bermain atau bercanda disaat guru menerangkan.
4. Materi belajar dalam bentuk file sehingga bisa disimpan siswa di laptopnya masing-masing untuk bekal belajar di rumah jika di sekolah kurang memahami materi tersebut.
0 Komentar