Workshop Pembelajaran Berorientasi HOTS dan STEAM dalam Persiapan Menghadapi PISA dan AKM SMKN 2 Pangkalpinang


Jenis: Diklat Fungsional 

A.  Judul

Workshop Pembelajaran Berorientasi HOTS dan STEAM dalam Persiapan Menghadapi PISA dan AKM SMKN 2 Pangkalpinang

B.  Waktu pelaksanaan

Pelatihan dilaksanakan mulai tanggal 05 sd 08 Januari 2021

C.  Tempat kegiatan

Pelatihan diselenggarakan di Auala SMKN 2 Pangkalpinang yang berlokasi di Jl. Sumedang, Kacang Pedang, Gerunggang, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33124

D.  Tujuan

Meningkatkan kompetensi guru dalam mendesain pembelajaran yang bermuara ke AKM & PISA serta menyusun soal HOTS dan AKM. Sehingga siswa terbiasa mengerjakan soal kontekstual yang memerlukan penalaran dan konsep berfikir yang holistik (terpadu) dan komprehensif

E.  Lama waktu pelaksanaan

Pelatihan ini dilaksanakan selama empat hari dimulai dari pukul 08.00 sampai 16.00 jadi total pelatihan selama 32 JP.

F.   Penyelenggara/pelaksana

Pelatihan diselenggakan oleh bidang akademis SMKN 2 Pangkalpinang

A, Tujuan

Beberapa tujuan dan alasan dilaksanakannya pelatihan ini adalah agar guru dapat:

1.      meningkatkan kompetensi guru dalam mendesain pembelajaran yang bermuara ke AKM & PISA serta menyusun soal HOTS dan AKM. Sehingga siswa terbiasa mengerjakan soal kontekstual yang memerlukan penalaran dan konsep berfikir yang holistik (terpadu) dan komprehensif

2.      meningkatkan kegiatan nyata guru dalam pengembangan profesinya. 

 

B. Deskripsi

Deskripsi materi yang diberikan dalam diklat/pengembangan diri serta uraian kesesuaian dengan peningkatan keprofesian. guru yang bersangkutan.

Kegiatan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mendesain pembelajaran yang bermuara ke AKM & PISA serta menyusun soal HOTS dan AKM. Sehingga siswa terbiasa mengerjakan soal kontekstual yang memerlukan penalaran dan konsep berfikir yang holistik (terpadu) dan komprehensif dan meningkatkan kegiatan nyata guru dalam pengembangan profesinya.

Peserta dalam workshop kali ini yaitu Bapak/Ibu Guru Normatif/Adaptif dan Produktif dengan jumlah 101 orang, yang dibagi menjadi 2 ruangan workshop yaitu Lab. KKPI 1 dan Aula. Ada 2 narasumber dalam workshop HOTS dan STEAM ini, yakni Nur Azizah, M.Pd. dan Hafniliana, S.Pd., M.A. dari BAPPEDA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Peserta workshop diberikan materi berupa :

1.    PISA (Programme for International Student Assessment).

2.    AKM (Asesmen Kompetensi Minimum).

3.    Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics).

Pada Pertemuan tersebut diberikan secara umum tentang meteri penulisan ilmiah, teknik dan prosedur Penelitian Tindakan Kelas serta teknik Presentasi, dan diakhiri dengan pembuatan proposal Penelitian Tindakan Kelas sampai pada siklus-siklusnya.

Evaluasi kegiatan dilakukan pada saat awal pelatihan, proses pelaksanaan pelatihan, dan diakhir kegiatan tes akhir, serta hasil pekerjanan dalam bentuk hasil PTK. Dari hasil selama pelatihan berlangsung memperlihatkan keantusiasan peserta sehingga berjalan secara hidup, dan dihasilkan produk PTK dengan bervariasi judul, ini memperlihatkan keberhasilan pelatihan dengan baik.

C. Tindak lanjut

Peserta workshop diharuskan untuk memiliki feedback berupa penyusunan administrasi mengajar dan instrumen penilaian yang berorientasi HOTS. Dengan adanya kegiatan workshop ini, tenaga pendidik dapat menerapkan/mendesain pembelajaran sehingga peserta didik diharapkan siap dalam menghadapi Asesmen Nasional (AN) dan PISA 

D. Dampak

Dampak terhadap peningkatan kompetensi guru dalam peningkatan mutu. KBM dan peserta didiknya adalah pembelajaran lebih terstruktur dan terarah dengan model pembelajaran yang tepat digunakan sehingga meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dibuktikan dengan hasil belajar yang baik.

E. Penutup

Penyusunan administrasi mengajar dan instrumen penilaian yang berorientasi HOTS tenaga pendidik dapat menerapkan/mendesain pembelajaran sehingga peserta didik diharapkan siap dalam menghadapi Asesmen Nasional (AN) dan PISA sehingga peningkatan hasil belajar dapat tercapai

Posting Komentar

0 Komentar