Workshop Blender diselenggarakan Oleh Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi-ITB (PPTIK-ITB)

Workshop Blender diselenggarakan Oleh Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi-ITB (PPTIK-ITB)

A.  Judul

Workshop Blender diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi-ITB (PPTIK-ITB).

 

B.  Waktu pelaksanaan

Pelatihan dilaksanakan mulai tanggal 10 sd 11 Februari 2021 pukul 14.00WIB-selesai.

C.  Tempat kegiatan

Pelatihan diselenggarakan secara daring dengan Link zoom: https://zoom.us/j/4307146058?pwd=TzVsK01haXZVUEhmY2dmTytFYTdkdz0, Meeting ID: 430 714 6058 dan Passcode: 743687.

D.  Tujuan

Peserta dapat menganimasikan objek 3D dengan menggunakan Blender dan dapat membuat animasi 3D sederhana dari objek di sekitar kita.

E.  Lama waktu pelaksanaan

Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari dimulai dari pukul 14.00 wib sampai selesai jadi total pelatihan selama 128 JP.

F.   Penyelenggara/ pelaksana

Pelatihan diselenggakan oleh Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi-ITB (PPTIK-ITB) yang memiliki misi diantaranya adalah membangun reputasi riset dan peniliti berkelas dunia. dan mendorong perkembangan produk komersil, enterpreneurship dan industri di bidang ICT. yang ditandai dengan signifikannya kontribusi sektor ICT bagi revenue ITB.

Alamat: Gedung PAU Lantai 4 PPTIK ITB, Jl. Ganesa No.10, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132


Tujuan:
Peserta dapat menganimasikan objek 3D dengan menggunakan Blender dan dapat membuat animasi 3D sederhana dari objek di sekitar kita.

Deskripsi: 

Animasi memiliki banyak definisi, namun pada dasarnya animasi adalah suatu proses untuk  menghidupkan  benda  mati,  dimana  benda  mati tersebut  seolah-olah  terlihat hidup atau bernyawa. Didalam  blender,  kita  berbicara  tentang  sebuah  metode  untuk  membuat  suatu  benda mati  untuk  bisa  bergerak  pada  layar  komputer  yang  nantinya  akan  berubah  menjadi sebuah  file  animasi.  Hal  ini  dapat  dicapai  dengan  menciptakan  serangkaian  gambar diam yang sedikit berbeda pada masing-masing gambar secara berurutan. Setiap frame (gambar)  yang  diberikan,  maka  data  tersebut  akan  dimasukkan  ke  dalam  program blender  dan  berubah  menjadi  beberapa  gambar  digital.  Biasanya  tersimpan  dalam format JPEG.


         Dari beberapa gambar tersebut akan dikompilasi (render) ke dalam satu file animasi.Dalam  animasi  3D  komputer,  Kita  juga  akan  mengenal  istilah  keyframe.  Keyframe dan  frame  memiliki  istilah  yang  berbeda  pada  animasi.  Frame  adalah  satuan  gambar pada  animasi,  sedangkan  Keyframe  adalah  sebuah  frame  yang  berisi  parameter/value pada  sebuah  objek,  baik  dalam  kondisi  diam  atau  berubah.  Perlu  diketahui  bahwa  1 detik  film  animasi  biasanya  terdiri  dari  24 -30  frame.  Artinya  dalam  1  detik animasi terdiri dari maksimal 30 gambar yang ditampilkan pada tiap detik.

Posting Komentar

0 Komentar