Tinjauan Ilmiah/ Best Practice

Jenis: Tinjauan Ilmiah/ Best Practice dalam Bidang Pendidikan Formal dan Pembelajaran Pada Satuan Pendidikan

Judul: Implementasi Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2D dan 3D Kelas XI Multimedia SMKN 2 Pangkalpinang


ABSTRAK

Indriani, Nova, 2021, Implementasi Augmented Reality pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2D dan 3D Kelas XI Multimedia SMKN 2 Pangkalpinang. Tinjauan Ilmiah/ Best Practice dalam Bidang Pendidikan Formal dan Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Bidang Keahlian Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI) Kompetensi Keahlian Multimedia (067), SMKN 2 Pangkalpinang.

Kata Kunci : Blender, Augmented Reality, pembelajaran interaktif

Augmented Reality merupakan sebuah konsep menggabungkan dunia maya dengan dunia nyata untuk menghasilkan informasi dari data yang diambil dari sebuah sistem pada objek nyata yang ditunjuk sehingga batas antara keduanya menjadi semakin tipis. Augmented Reality dapat menciptakan interaksi antara dunia nyata dengan dunia maya dan semua informasi dapat ditambahkan sehingga informasi tersebut ditampilkan secara real time seolah-olah informasi tersebut menjadi interaktif dan nyata.

Tujuan dari implementasi ini adalah mengajarkan dan menunjukkan keapada siswa bahwa penerapan Blender dapat diaplikasikan dengan teknologi yang sedang berkembang saat ini yaitu teknologi Augmented Reality yang mampu menampilkan dalam bentuk 3 dimensi agar hasilnya dapat digunakan siswa di semua jenjang pendidikan sebagai media pembelajaran yang interaktif dan untuk lebih meningkatkan skill dan kemampuan siswa dalam mengimplementasikan karya 3D ke dalam Augmented Reality. Manfaat dari implemenatasi ini adalah; (1)membantu siswa dalam memvisualisasikan karya 3 dimensinya ke dunia nyata; (2)memungkinkan siswa belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, aditori, dan kinestetik; dan (3)mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera pada dunia pendidikan,

Uji lapangan dilakukan dengan cara membagikan quesioner kepada siswa kelas XI Multimedia1 dan XI Multimedia2 sebanyak 70 siswa dengan jenis pertanyataan sebanyak 7 butir soal mengenai pemahaman teknologi Augmented Reality dan salah satu hasil quesioner yang utama adalah bahwa sebanyak 100% siswa tertarik untuk mempelajari teknologi Augmented Reality sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi Augmented Reality (AR) dapat diterapkan pada mata pelajaran Teknik Animasi 2D dan 3D di kelas XI Multimedia SMKN 2 Pangkalpinang


Posting Komentar

0 Komentar